Batu Dua : Kawasan Wisata Dirgantara di Sumedang

Kabupaten Sumedang terletak 45 km dari Kota Bandung dan dilintasi jalur Bandung-Cirebon (Sumber : wikipedia.org). Data tahun 2007, menyatakan Kabupaten Sumedang berpenduduk 1.1 juta jiwa.Well, pastinya sekarang sudah bertambah 3 jiwa karena saya dan kedua orang tua saya hijrah ke Sumedang sejak tahun 2008.

Sejak jaman dahulu Sumedang terkenal akan panganan Tahu. Namun, kini Sumedang tidak hanya identik dengan tahu, Waduk Jatigede mungkin. Atau beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi salah satunya yaitu Kawasan Wisata Batu Dua.

asal-usul-tahu-sumedang
Tahu Bungkeng, sejak Tahun 1917   Sumber : ragamkuliner.com

Kawasan Wisata Batu Dua termasuk dalam kawasan Gunung Lingga di Desa Lingga Jaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Berjarak sekitar 4-5 Km dari Jalan Raya Sumedang – Wado. Wilayah ini terletak pada ketinggian 930 meter di atas permukaan laut, dan menyuguhkan hamparan pemandangan alam yang mempesona.

img_20161030_084128_hdr
Bentangan Alam Waduk Jatigede dan sekitarnya dari Kawasan Wisata Batu Dua
img_20161030_084543_hdr
Bentangan Alam Sumedang dan sekitarnya dari Kawasan Wisata Batu Dua

Akses jalan menuju Kawasan Wisata Batu Dua kondisinya baik dan sudah diperkeras dengan pengaspalan. Walaupun dibeberapa titik ada potensi longsor. Karena kontur wilayahnya yang berbukit, saran saya ketika ingin mengunjungi tempat ini, transportasi yang Anda gunakan dalam kondisi baik.

img_20161030_092451_hdr
Gunung Tampomas

img_20161030_091030_hdr

Ada kisah menarik dibalik Kawasan Wisata Batu Dua ini. Menurut warga yang saya sempat temui disana, cerita awal terbukanya Kawasan Wisata Batu Dua ini yaitu lewat program pemberdayaan masyarakat seperti PNPM Mandiri Perdesaan dan PPIP. Lewat program tersebut dibangunlah kelengkapan infrastruktur desa termasuk didalamnya akses jalan. Masyarakat bersama pemerintah setempat berembug dan merencanakan pembangunan serta potensi pengembangan kawasan. Sampai akhirnya dibangunlah Kawasan Wisata Batu Dua.

Adanya panas kawasan dan hembusan angin di sekitar Kawasan Wisata Batu Dua sangat mendukung olahraga paralayang. Panas kawasan bisa menerbangkan paralayang lebih tinggi lagi, lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Sehingga bisa terbang lebih lama. Hembusan angin membuatnya bisa melakukan manuver serta bisa mencapai berbagai tempat pendaratan yang tersedia.

Tahun 2013 yang lalu, Batu Dua menjadi tempat diselenggarakannya Kejuaraan Pra Piala Dunia Paralayang “Indonesia Pre World Cup 2013, Batu Dua Open” pada Minggu (29/9/13), yang secara resmi dibuka oleh Bupati Sumedang H. Endang Sukandar. Dan di Tahun 2016, sebagai tempat diselenggarakannya cabang olahraga Paralayang PON ke-XIX Jawa Barat.

img_20160919_112706
Pertandingan Cabang Olah Raga Paralayang PON ke – XIX 2016 di Batu Dua, Sumedang Sumber : tribratanewsjabar.com

Jangan takut kelaparan, karena di seputaran areal parkir ada banyak warung/kios yang menjual makanan dan minuman. Ada bisa makan bandros dengan sepuasnya. Hayu ameng ka Sumedang.

Advertisements

Published by

Arul Wahidin

avid reader | part-time runner | suka minum teh

2 thoughts on “Batu Dua : Kawasan Wisata Dirgantara di Sumedang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s