Girls in the Dark

Novel J-lit berjudul asli Ankoku Joshi karya Akiyoshi Rikako ini pertama kali diterbitkan di Jepang pada Tahun 2013. Di Indonesia diterjemahkan oleh Andry Setiawan dan diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Haru pada Mei 2014.

Secara garis besar novel Girls in the Dark menceritakan tentang Pertemuan Rutin Ke-16 Klub Sastra SMA Putri Santa Maria. Pertemuan kali ini didedikasikan untuk mengenang kematian ketua klub sastra sebelumnya, yaitu Shiraishi Itsumi. Dimana agendanya yaitu pembacaan naskah yang ditulis oleh masing-masing anggota dan yami-nabe.

Apa itu yami-nabe?! Secara harfiah berarti panci dalam kegelapan. Peserta membawa bahan makanan yang dirahasiakan dari orang lain. Bahan-bahan tersebut dimasukan ke dalam panci berisi air mendidih dan kemudian memakannya dalam kegelapan. Hal ini dipercaya dapat mengasah perasaan. Bagaimana indera penciuman, perasa, pendengaran dan peraba bereaksi tanpa indera penglihatan. Jadi inget Daredevil gak sik 😁

Ada 6 anggota klub sastra yang hadir. Mereka adalah orang-orang pilihan yang diajak bergabung oleh ketua klub sastra terdahulu. Mereka masing-masing : Sumikawa Sayuri (ketua klub), Nitani Mirei (kelas 1-A), Kominami Akane (kelas 2-B), Diana Detcheva (murid internasional), Koga Sonoko (kelas 3-B) dan Takaoka Shiyo (kelas 2-C).

Para anggota klub sastra membacakan naskah yang mereka tulis. Tak dinyana, apa yang mereka tulis itu adalah analisis mereka masing-masing, mengenai latar belakang kematian Shiraishi Itsumi dan siapa yang “membunuhnya”. Oiya, sang ketua klub sastra terdahulu ini diketemukan telungkup tak bernyawa dan bersimbah darah di bawah teras di kompleks sekolah. Ada 2 dugaan, antara bunuh diri atau dibunuh orang lain.

Novel ini menurut saya, diterjemahkan dengan pas. Enak sekali membacanya. Salute buat tim penerjemah. Cuma yang masih belum ngerti, itu mereka bagaimana bacanya ya kalau kondisinya dalam kegelapan. Mungkin tidak gelap pekat kali ya. Masih ada cahaya dari lilin2 di chandelier. (nanya sendiri, jawab sendiri) #abaikan 😂

Banyak kejutan2 yang bikin whattttt??? Walau sempat terpikir juga diawal, sepertinya dia nih yang membunuh. Memang kelam juga ceritanya. Shiraishi Itsumi pernah bilang gini, “kalau kau ingin menggerakkan orang sesuai dengan kehendakmu, genggamlah rahasianya…”

I am not gonna give you all the detail. So, read the book. It is a GOOD book 📖

#AnkokuJoshi #GirlsintheDark #AkiyoshiRikako
Darmaraja, 14 April 2016

heyrul_

Advertisements

Published by

Arul Wahidin

avid reader | part-time runner | suka minum teh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s